Pantai Glagah Kulonprogo

MlakuMuter - Pantai yang berada di ujung kota Yogyakarta ini merupakan pantai pasir hitam yang cukup indah untuk dinikmati. Pantai yang beralamat di Desa Glagah, Temon, Kulonprogo adalah salah satu pantai yang menjadi salah satu tempat wisata unggulan di kabupaten ini. Lha kok bisa? Nah, berbagai fasilitas sudah lengkap yang siap untuk memuaskan wisatawan yang mau berkunjung disini. Menariknya dilihat dari segi perspektif bangunan, pantai yang menawan ini terdapat tetrapod yang berjajar terhitung sampai ratusan memenuhi bibir pantai, sebenarnya fungsi tetrapod ini sebagai pemecah ombak, dan mengurangi abrasi akibat deburan ombak. Tetapi, karena saking banyaknya tetrapod yang berjajar kokoh, menjadi tempat yang menarik sekali untuk menjadi spot foto bagi para pecinta selfie. Selain itu, pantai ini berbeda dengan pantai daerah Wonosari yang umumnya dibatasi oleh tebing, karang batuan gamping, namun sepanjang mata memanfang tak ada satupun tebing yang menghalangi pemandangan, tak ada karang yang menghiasi, yang ada hanyalah hamparan padang pasir besi luas bagaikan gurun pasir bak film-film di gurun sahara. Sebenarnya disini bisa ngapain aja sih? Apa cuman mandi air laut kayak dipantai-pantai umumnya?
mlaku muter
Fasilitas di Pantai Glagah Indah
Karena pantai glagah merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Kulonprogo, maka fasilitas disini cukup komplit, antara lain terdapat.

1. Laguna Pantai Glagah

mlaku muter
Foto : @wira_antonius
Tidak semua pantai memiliki laguna lhoh, bahkan bisa dikatakan langka. Sebenarnya apa tah laguna itu? Laguna adalah semacam cekungan yang semula berada didaratan, kemudian berjalannya waktu cekungan tersebut diisi air, sehingga membentuk seperti danau. Di laguna glagah bisa ngapain aja? Di laguna ini wisatawan bisa menaiki perahu kecil atau perahu bebek yang dikayuh, menyewa sampan, kano, gethek yang bisa digunakan untuk mengelilingi laguna. Selain itu, air yang tenang, angin sepoi-sepoi bisa menjadikan tempat ini menjadi spot memancing sahdu, dan juga tempat untuk menikmati sunset.

2. Hamparan Pasir Besi

mlaku muter
Foto : @herlangga15
Ditanah lapang hamparan pasir hitam glagah ini, wisatawan bisa menyewa motorcross ataupun ATV lhoh. Cocok sekali bagi kamu yang ingin memcacu adrenalin untuk mentrabas gundukan-gundukan pasir besi.

3. Dermaga Pantai Glagah

mlaku muter
Foto: @rochellesharonnxx
Bangunan yang berbentuk seperti jembatan yang menjorok ke arah laut ini menjadi tempat yang sangat cocok sekali merasakan asinnya air laut, sesekali saat deburan ombak keras menghantam tetrapod, air akan terhempas tinggi dan cekreeek, bisa buat foto dengan timing yang pas dan merasakan asinnya air laut.

4. Agrowisata Buah-Buahan

Jangan Salah, meskipun wisata pantai, disini terdapat tempat agro wisata. Umumnya masyarakat sekitar menanam buah naga, semangka dan melon. Saat musim panen, wisatawan juga bisa ikut memanen merasakan menjadi petani buah. Agro wisata ini berada disekitaran pantai glagah indah sebelah barat, dengan luasan kebun 3.5 ha yang menjadikan tempat ini salah satu penghasil buah didaerah Kulonprogo, jadi jangan lupa mampir ya.

5. Sea Wall atau Tetrapod

mlaku muter
Foto: @inirifan
Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, hamparan tetrapod yang berada disekitaran bibir pantai biasanya digunakan oleh wisatawan untuk berselfie ria, selain itu banyak juga yang menggunakan tetrapod ini untuk tempat memancing.

6. Tempat Kuliner Seafood

mlaku muter
Foto: @anindyadinarta
Pada umumnya, di pantai glagah jogja ini banyak sekali tempat makan dengan menu andalan sea food. Harganya cukup terjangkau untuk mengganjal perut setelah seharian menikmati indahnya pantai glagah.

7. Penginapan atau Losmen

Bagi yang telah merencanakan untuk menginap atau ingin menikmati hangatnya mentari sunrise, disini sudah disediakan tempat menginap atau losmen dengan fasilitas yang bisa dikatakan terbatas, tapi masih mendingan untuk berkumpul.

8. Souvenir 

Beragam souvenir tersedia disini, seperti kacamata, kaos anak, namun sayangnya souvenir yang menjadi ciri khas Pantai Glagah sangat minim. Tapi yang unik, ditempat agrowisata tadi, selain bisa ikut memanen, wisawan juga bisa membeli buah hasil panen tadi sebagai buah tangan, namun kalau pas musimnya ya.

9. Camping Ground

mlaku muter
Foto: @panggihakbar
Namun, kalau kamu sudah merencanakan untuk camping, di pantai glagah indah juga sudah tersedia tempat camping ground yang berada disekitaran bibir pantai. Pilihlah tempat yang datar untukmengantisipasi masuknya air laut, mengingat deburan ombak yang rumayan kencang.

Harga Tiket Masuk, Biaya Parkir

Tidak sampai merogoh kocek terlalu dalam untuk dapat menikmati sumilir Pantai Glagah yang indah ini. Dengan harga tiket masuk Rp 4000, parkir motor Rp 3000, parkir mobil Rp 10000, parkir bus/truk Rp 20000, untuk yang habis berenang di pantai Glagah, disini juga tersedia fasilitas pemandian, bilas, cuci, dengan membayar Rp 2000 sampai dengan Rp 3000. Nah yang membawa anak atau bersama keluarga, di laguna glagah tersedia penyewaan kapal kecil, kano dengan membayar Rp 20000 untuk untuk perahu kayuh bebek-bebekan yang bisa digunakan untuk mengelilingi laguna dengan hitungan per jam, kemudian jika ingin menggunakan kapal besar bisa membayar Rp 5000 per orang denhan menunggu maksmial 14 orang. Cukup murah meriah kan?

Rute Menuju Pantai Glagah Indah Yogyakarta


Arah menuju Pantai Glagah Indah sangatlah mudah untuk dijangkau dan jalanannya cukup mulus untuk dilewati kendaraan bermotor, hal ini dikarenakan pemerintah Kabupaten Kulonprogo terus merenovasi dalam membangun dan mengembangkan potensi wisata.
Apabila kamu datang dari Kota Jogja, langsung cus menuju Jalan Wates, lurus dan ikuti saja jalan wates sampai nemu petunjuk arah Pantai Glagah, ikutin aja papan petunjuk arah yang sudah disediakankan oleh dinas transportasi sampai menuju Pantai Glagah indah Jogja.

SUMBER

Comments